Monday, October 3, 2011

Pusentase, Pasir Putih di Barat Donggala


Pertama kali saya menginjakkan kaki di Pusentase, satu kata yang langsung terucap, "Great!". Hal yang sama juga beberapa kali juga terjadi pada teman-teman yang saya ajak kesana. Sebetulnya selain Pusentase, Donggala memiliki pantai yang sangat terkenal, yaitu Pantai Tanjung Karang, dengan terumbu karangnya yang terkenal (sesuai namanya, bukan? -Tanjung Karang-), sedangkan Pusentase lebih terkenal dengan panorama pantainya dengan pasir yang lebih putih dan area pantai yang lebih luas. Selain itu, Anda juga bisa menikmati sunset di Pantai ini.
Pusentase bisa ditempuh dari kota palu selama 1,5 jam dengan kendaraan melewati jalan Trans Sulawesi, kemudian melewati jalan berbukit dan sampailah anda pada pantai indah ini. Selain pantai itu sendiri, pusentase memiliki fenomena alam yang unik. terdapat sumur air tawar besar berada tidak lebih dari 100 meter dari pantai. Ini alasan kenapa pantai ini disebut Pusat Laut.
Gugusan terumbu karang dan ikan berwarna-warni pun terlihat sangat menawan jika anda berdiri di dermaga pantai ini dan akan menggoda anda untuk snorkeling.
Wait, tahan keinginan anda untuk snorkeling, saya tidak menyarankan snorkeling di Pantai ini karena kondisinya masih "terlalu" alami, berbeda dengan Pantai Tanjung Karang yang telah diminimalkan dari biota laut berbahaya, selain itu, terumbu karang yang relatif dangkal membuat pantai ini menyimpan bahaya tersembunyi. Ketika saya bersnorkeling, saya dihadang oleh bulu babi yang mengitari saya, saya juga melihat ubur-ubur penyengat, dan yang paling berbahaya, ular laut dan tiger fish.
Wah, saya kan ingin menikmati panorama terumbu karang, Jadi gimana dong? Gampang, Anda tinggal menyewa perahu dan berkeliling menikmati terumbu karang dari atas perahu, bahkan dari perahu anda bisa menyentuh terumbu karang dan anda mesti waspada siapa tahu perahu anda tersangkut karang yang menyembul di permukaan.
Ok, cukup cerita singkat dari saya, well, kalau anda berkunjung ke Sulawesi Tengah, jangan lupa untuk jalan-jalan ke pantai ini. satu lagi, tak lengkap rasanya jika anda datang ke pantai ini tanpa menikmati ikan bakar dan es kelapa muda. Saya jamin anda akan ketagihan dan akan tergoda untung mengulanginya lagi dan lagi.





No comments:

Post a Comment